Senin, 18 Januari 2016

Cara Mengatasi Mobil Sulit dihidupkan

Mungkin anda sering mengalami kejadian berikut ini, mobil sulit distartre atau mesin mobil tidak mau hidup sama sekali. Apabila kita tidak mengetahuinya sama sekali cara untuk merawat mobil yang baik. Awas jangna sampai anda buta teknologi dan kejadian ini seringkali terjadi apalagi jika anda akan berangkat kerja kekantor serta ada pertemuan penting , simaklah tips-tips cara perawatan mobil berikut ini .

Cara Mengatasi Mobil Sulit dihidupkan


Yang mesti anda ketahui pertama kali ialah tentang kelistrikan pada bagian mobil, entah itu mobil konvesional atau jenis mobil modern yang kini sudah mulai mempergunakan CDI ( komponen elektronik yang dipergunakan sebagai pengapian ). Apabila mobil jenis anda mempergunakan sistem elektrik, jangan sampai anda membetulkannya sendiri dengna cara manual karna sistem yang seperti ini diperlukan ahli mekanik dan peralatan yang terdapat dibengkel bengkel mobil besar.

Analisa yang bisa saya sampaikan pada mobil yang tidak dapat di starter terdapat dua option, option pertama permasalahannya berada pada bagian aki yang sudah kurang bagus karna paktor usia jadi sistem kelistrikannya menjadi terganggu. Option kedua bisa terjadi pada dinamo karna arus listrik yang mengalir pada dinamo yang terjadi pada sistem pengapian mobil konvesional. Platinanya dapat di indikasikan sudah rusak. Apabila kita menggunakan mobil yang dilengkapi dengan teknologi yang baru seperti CDI. Biasanya masalah pada CDI agak sedikit rumit dan bahkan susah ditangani sendiri, ini harus dibawa kebengkel  yang memiliki peralatan lengkap serta teknisi yang berpengalaman dalam masalaha CDI.

Terus bagaimana jika mobil sudah diperbaiki tapi tetep sajah susah idupnya ? nah , untuk hal ini biasanya terjadi kerusakan pada bagian platina dan kondesor pada mobil anda. Masalah ini umumnya terjadi karna pada bagian plat yang ada pada platina sudah tidak baguslagi , dan di plat dibagian platina ada tonjolan  apabila tonjolan itu sudah mulai pudar atau tarasa kusam artinya platina sudah tidak bisa menangkap percikan kelistrikan. Cara memperbaiki platina mobil yang baik diperlukan amplas sebagai penghapus kotoran dan debu serta flag yang terdapat pada platina. Jika sudah selesai, pasangkan kembali pada keadaan semula. Platina yang sudah diperbaiki dengan benar umumnya dapat kembali normal dan memancing percikan api dari arus kelsitrikan, bila tidak seperti demikian berarti platina sudah tidak dapat digunakan lagi dan harus segera diganti.

untuk langkah selanjutnya lakukan pemeriksaan pada bagian boks sekring mobil. Harap diperhatikan bagian boks sekring ini terpasang secara utuh atau tidak. Apabila kawat sambungannya sudah putus, tandanya sekring mesti diganti dengna yang baru. Untuk penanganan darurat anda bisa juga menggantikannya dengan menyambungkannya dengan kawat atau serabut bagian kabel yang dipasang pada sekring untuk sementara. Kejadian hal ini tidak direkomendasikan sebagai penyeleseian masalah secara permanen . oleh karena itu segeralah ganti kebengkel sekring mobil anda.

Bagian terakhir yang sangat penting juga serta mesti diperhatikan oleh Anda pada saat meng starter mobil adalah pada bagian suplai bahan bakar dan udara yang tidak setabil pada sistem karburator “ pada bagian ini yang mesti kita lakukan adalah membersihkan saringan karburator yang kotor “. Periksalah karburator dan saringannya dengan cara mencabut filter , untuk membersihkannya pergunakan kuas atau sikat gigi, awas jangan gunakan alat yang menimbulkan panas seperti hair-dryer dan sajabana, karna dapat merusak bagian lapisan dingding saringan udara pada karburator.

Apabila kesemuanya sudah di cek dan tetep sajah mobil tidak bisa nyala berarti kerusakan bukan pada bagian karbu tetapi pada bagian platina, cepatlah bawa mobil kebengkel yang memiliki peralatan lengkap untuk service mobil honda anda.



Sekian dan terimakasih atas kunjungannya, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa di like / share apabila artikel ini membantu anda.

2 komentar:

  1. Platina memang masalah umum mobil yang sulit dihidupkan ya Mas...

    BalasHapus
  2. Perkongsian ilmu yang sangat bermanfaat ^-^

    BalasHapus

Perawatan Motor Injeksi Yamaha

Tips perawatan motor injeksi - Crankshaft Position Sensor berperan sebagai sensor yang tahu semasing crankshaft. Lalu Coolant/Oil Tempera...